Apakah Blogging Tetap Menguntungkan di Tahun 2020?

1 komentar

“Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Mas Sugeng.
Tidak ada maksud untuk mengurui, hanya memberikan informasi dari hasil pengumpulan informasi dari berbagai media. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya.”

Tidak terasa sudah memasuki akhir tahun 2019 dan memasuki dekade baru. Seiring berjalannya waktu perubahan pun sangat terasa apalagi di bidang blogging.

Akhir-akhir ini banyak website atau blog mulai perlahan tapi pasti menghilang (tidak update atau slow update) terutama bagi yang single fighter atau perorangan. Persaingan yang makin padat dan serba cepat membuat kinerja blog yang dikelola perseorangan akan kalah bersaing dengan kelompok atau studio tertentu.

Melihat pasang surut kinerja blog atau website belakangan ini menimbulkan suatu pernyataan, 

“Apakah Blogging tetap Menggunakan Pada Tahun 2020?”


“Apakah Blogging tetap Menggunakan Pada Tahun 2020?”

Jika kita melihat secara garis besar, Blogging masih sangat mengguntungkan.

Ada dua faktor yang menyebabkannya:

1. Dari Segi Informasi


Selama kita masih menggunakan google sebagai sarana informasi kita, maka aktifitas blogging akan terus berkembang, baik dari skala perorangan atau kelompok.

Informasi-informasi yang dikumpulkan google merupakan kumpulan-kumpulan artikel dari berbagai website dan dikelompokkan berdasarkan keyword tertentu.

2. Dari Segi Portofolio


Semakin berkembang waktu dan teknologi, portofolio sekarnag bukan hanya dalam bentuk offline lagi, melainkan Online. Terutama bagi kamu yang menekuni dunia tulis menulis, baik copywriter atau content writer, dan sebagainya, maka sarana blogging sangat bermanfaat sebagai media portofolio.

---

Namun, balik lagi ke pokok masalah diatas. Apakah blogging tetap menguntungkan tapi dari segi finansial?

Mungkin sebagaian dari kita menjadikan blogging sebagai sarana penghasil uang. Nah, bagaimana prospeknya?

Melihat kondisi sangat ini didominasi website atau blog besar, maka jawabannya 

MASIH SANGAT MENGUNTUNGKAN, TAPI!!!


Blogging Masih Menguntungkan!!


Jika kita berbicara mengenai menghasilkan pundi-pundi uang blog, maka jalan yang paling gampang adalah dengan Google Adsense.

Tidak dipungkiri pendapatan yang terbesar bisa didapatkan dari Iklan Adsense, tapi tidak menutup kemungkinan untuk iklan lainnya, namun untuk saat ini Google Adsense masih kuat bertahan di sepanjang 2020 dan seterusnya.

Mungkin kamu bertanya apa buktinya?

Saya disini mengambil contoh dari sesepuh blog Indonesia, Mas Sugeng. Dari artikel yang dibahasnya akhir-akhir ini menunjukkan profit yang ditunjukkan dalam JV Adsensenya.

Terlihat disana profit yang dihasilkan sebuah blog ternama di Indonesia, mastimon.com.

Penghasilan Adsense Mastimon.com

Ia bisa menghasilkan sekitar $6.2327,54 atau dijika dirupiahkan Rp.87.562.586,5 sepanjang tahun 2017-2018 (dengan kurs $1 = Rp.14.038) atau bila dihitung perbulannya menghasilkan sekitar Rp.7.296.882.

Itu untuk tahun 2017-2018, pasti ditahun selanjutnya akan berkembang lebih pesat lagi, karena pertumbuhan mastimon.com yang begitu pesat.

Tapi, bagaimana yang tidak menggunakan Iklan Google Adsense?

Sangat bisa dan sangat menguntungkan, terutama bagi kamu yang memiliki produk sendiri, seperti digital produk, design, ebook, template atau produk lainnya. Blog masih sangat menguntungkan bagi kamu untuk srana berjualan produk-produk kamu.

Atau yang dimaksudkan tidak menggunakan iklan Google Adsense tapi menggunakan Iklan Alternatif lainnya, apakah masih mengguntungkan?

Jawabannya tetap sama masih menguntungkan tapi

Seperti pernyataan diatas, blogging masih sangat menguntungkan di tahun 2020 tapi..

Dunia blogging tidak semenarik dan semudah seperti beberapa tahun belakangan, persaingan semakin berat dan sangat penuh tantangan. Terutama untuk mencari pembacanya, hal itu didasar pada:

1. Minat Baca yang Berkurang


Semakin popularnya konten video terutama youtube dan Instagram memberikan dampak semakin nyamannya orang menerima informasi dari mendengar daripada membaca.

Hal ini sedikit memberikan tantangan kepada para blogger bagaimana cara tetap membuat tulisannya menarik dan membuat orang tetap datang membaca tulisannya.

2. Banyaknya Situs-Situs Besar yang Mendominasi Banyak Niche dan Keyword


Sejak setahun belakangan perkembangan situs besar seperti tribun yang mendominasi banyak niche dan keyword menjadi anomali tersendiri. Terlebih bagi kamu yang perorangan, jika mengharapkan kekuatan SEO maka akan sangat berat untuk bisa menang dari mereka.

Kemungkinannya sangat kecil. Cara ampuh yang banyak digunakan orang saat ini adalah Personal Branding. 

Dengan mengandalkan Personal Branding yang kamu bangun dari awal bisa menjadi senjata pamungkas kamu dalam melawan dominasi website-website besar.

Sehingga tanpa mengandalkan kekuatan super SEO kamu masih bisa menarik orang-orang untuk tetap membaca tulisan kamu.

3. Berkembangnya Media Thread di Twitter.


Meskipun terbatas akan karakter tapi sarana yang diberikan Twitter untuk bisa mengumpulkan satu tweet menjadi Thread menjadi senjata ampuh Twitter..

Tidak banyak orang yang mulai membuat tulisan-tulisannya dalam bentuk Thread di twitter karena kemudahannya tanpa perlu mikir SEO dan sebagainya.

Tinggal tweet gunakan fitur Thread siap sudah tulisan kamu.

--

Semakin majunya perkembangan yang terjadi mau tidak mau seorang blogger harus mengikutinya. Jika tidak mengikuti kita akan ketinggalan dalam persaingan besar ini.

Conclusion


4 Kata Kunci Untuk Bersaing di 2020

Tapi, dari segala tantangannya, kamu tetap bisa bersaing dengan para competitor tersebut.
Setelah mengulik beberapa artikel dari para  blogger tetuah di Indonesia.

Ada 4 kata kunci yang bisa diterapkan untuk mengarungi persaingan blogging di 2020.

1. Konsisten


Mungkin sudah bosen kita mendengar kata-kata ini tapi memang konsistenlah yang bisa membuat kita sukses untuk kedepannya.

Tidak hanya dalam kehidupan, konsisten juga harus kita terapkan dalam hal blogging.
Konsisten disini memiliki banyak makna dan arti, diantaranya:

- Konsisten dalam hal informasi

Penyampaian informasi menjadi kunci utama dari artikel yang kita berikan dan penyampaian informasi yang mudah dicerna, lengkap dan berkualitas akan menjadi suatu cirikhas dari kita sendiri.

Dengan begitu maka para pembaca akan dengan senang terus membaca tulisan kita karena dipenuhi dengan tulisan yang kaya akan informasi.

- Konsisten dalam hal penulisan

Maksud disini adalah ciri khas gaya penulisan kamu, baik dari cara penyampaian kamu, sudut pandang penulisan ataupun panjang pendeknya tulisan yang kamu hasilkan.

Penekankan yang diberikan lebih kepada ciri khas yang menjadi para pembaca mengenal kamu berdasarkan tulisannya saja.

- Konsisten dalam hal Topik

Hal ini yang sering membuat kita berubah. Jika kita sudah mulai menetapkan ingin menulis dan mengeluti suatu topik, maka fokusnya dan konsisten untuk terus menulis pada topik tersebut.

Jangan tergiur kepada topik seseorang yang bisa mendapatkan banyak perhatian sehingga kamu mencoba menulis topik tersebut. Fokus terhadap topik yang kamu ambil dan terus mendalaminya.

2. Belajar SEO


Jika kita bergelut di dunia blogging, kita tidak bisa hanya mengandalkan kekuatan tulisan saja. Mau tidak mau kamu harus bisa menerapkan prinsip SEO ke dalam tulisan kamu, terlebih di tahun 2020 kompetitor lebih banyak menggunakan trik-trik SEO yang jauh berbeda.

Melihat hal tersebut, disamping kualitas tulisan yang kamu unggulkan ada baiknya sedikit menyisipkan kekuatan dari SEO sehingga tulisan kamu lebih kompleks.

3. Unik


Sama seperti konsisten dalam hal penulisan, kamu setidaknya memiliki sebuah ciri khas sehingga kamu dengan mudah dikenali berdasarkan tulisannya saja.

Menjadi unik maka menjadikan kamu lebih gampang dikenal dan lebih mudah dalam hal brandingnya.


4. Upgrade ke Wordpress


Bagi kamu yang memiliki finansial yang berlebih tidak adanya secara pelan-pelan migrasi ke wordpress. Bukan mendiskrimasikan platform blogger, tapi bila kamu ingin menggunakan SEO secara lebih mudah tanpa harus belajar lebih mendalam wordpress adalah sarana terbaik.

Kamu tinggal menginstall beberapa plugin tertentu maka performa yang diberikan akan lebih powerfull. Hal tersebut lebih memudahkan kamu yang lebih ingin fokus dalam hal penulisan saja, tanpa memikirkan kekuatan SEO.


Sebagai penutup, seperti perkataan Mas Sugeng, dalam dunia blogging setidaknya kamu harus berkorban waktu. Tidak ada yang instant langsung jadi atau menghasilkan.

Terima kasih sudah membaca tulisan dan sampai bertemu di postingan berikutnya.


------------------------

Sumber Gambar:

Gambar 1: Freepik

Gambar 2: Freepik

Gambar 3: Sugeng.id

Gambar 4: Freepik

1 komentar