Pemanfaatan Website Sebagai Ladang E-Commerce !!

Tidak ada komentar

Semakin berkembangnya teknologi serta berbagai kemudahan yang diberikan Internet, transaksi jualan dan pembelian pun juga banyak dilakukan secara online. Dengan adanya internet juga memberikan kemudahan bagi orang untuk memulai usahanya secara online. Hanya bermodalan foto-foto produk yang akan dijual beserta informasi pendukung lainnya, seseorang sudah bisa memiliki toko jualannya sendiri di internet.

Fakta tersebut terbukti dengan data oleh APJII (Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia) dimana pada tahun 2017, layanan transaksi jual beli secara online di Indonesia mencapai angka 40,31 %.



Melihat angka yang cukup besar untuk transaksi secara online, membuat bisnis e-commerce di Indonesia berkembang pesat. Potensi e-commerce berbanding lurus dengan data yang ditunjukkan pada tahun 2017 dan 2018 dimana penjualan pada e-commerce Indonesia menyentuh angka 7,1 Milliar US$ dan 8,6 Milliar US $. Angka yang fantastis mengingat Indonesia baru memulai Industri tersebut beberapa tahun belakang.


Pict by : https://databoks.katadata.co.id/

Apa yang dibenak kamu ketika melihat data statstik diatas? Mengagumkan bukan? Tapi, di sisi lain angka tersebut sangat menguntungkan jika kamu berada diposisi sebagai e-commercennya.

Tapi, tunggu dulu sebelum kita melangkah lebih jauh lagi, mungkin dari kamu ada yang belum begitu pahamm atau tahu apa sih itu e-commerce. Agar lebih sinkron ke pembahasan selanjutnya, kita bahas terlebih dahulu mengenai e-commerce ya.


Apa itu E-Commerce?



Secara garis besar, E- Commerce adalah sebuah transaksi jual beli barang/jasa atau perpndahan dana/data melalui jaringan elektronik atau internet. Semakin berkembangnya teknologi, membuat transaksi secara offline mulai tergantikan dengan transaksi online, salah satu pembuktiannya dengan munculnya website-wesbite E-Commerce. Dimana website tersebut digunakan sebgai pengganti toko offline.

Website E-Commerce memiliki fungsi yang beragam seperti sebagai etalase produk, temapt pemesanan barang, inventrisasi stok, dan menjalankan transaksi e-commerce. Transaksi yang terjadi terdapat dalam ruang lingkup yang luas, mulai dari bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen dan konsumen ke bisnis. E-Commerce dilakukan dengan menggunakan bantuan beberapa aplikasi pendukung, seperti email, EDI, katalog online atau layanan website.



Layanan Web Sebagai Toko E-Commerce

Pict by : www.daiserver.com

Dalam beberapa kali saya menyinggung mengenai layanan web, apa maksud layanan web disini? Tidak lain dan tidak bukan adalah website khusus yang digunakan sebagai toko e-commerce, dimana website yang kita buat digunakan untuk melakukan berbagai fungsi bisnis online seperti pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui websitenya.

Hal ini juga memungkinkan kamu untuk mempromosikan barang atau jasa, mengiklankan produk, menawarkan produk dengan cara yang lebih mudah. Pelanggan kamu akan membuat pesanan mereka dengan melakukan browsing pada website kamu kemudian mereka akan mengirimkan pembayaran melalui merchant account anda, yang kemudian akan melakukan transfer pembayaran ke rekening bank anda.


Manfaat Website bagi E-Commerce


Selain fungsi yang sudah saya sebutkan diatas, masih ada lagi beberapa keuntungan dari memanfaatkan website sebagai toko E-Commerce baik dari sisi pengusaha dan juga sisi konsumen. Berikut beberapa kegunaan website bagi e-commerce (pengusaha dan konsumen).


Pengusaha


1. Dengan adanya bantuan website, maka sangat memungkinkan untuk pengusaha bisa menjual produk mereka kepada para konsumen secara lebih banyak. Dalam artian perusahaan bisa mencakup pasar yang lebih luas lagi ketimbang secara offline.

2. Pengusaha tidak perlu untuk membuka banyak cabang penjualan dan juga distribusi. Karena dengan berbasis satu website saja bisa mengcover semua permintaan pasar. Hal ini dikarenakan semua berpusat pada satu website untuk pemesanan dan pengiriman, sehingga fokusnya tetap ke satu


3. Lebih menghemat cost dalam penjualan, hal ini didukung dengan menurunnya jumlah pegawai yang digunakan dan biaya-biaya tambahan lainnya.


4. Dengan harga cost yang minim juga berdampak kepada harga yang diberikan, dimana ujungnya akan berpengaruh ke harga saing kepada masyarakat sehingga lebih bisa bersaing dengan produk lainnya.



Konsumen



1. Dengan adanya bantuan website, konsumen bisa melakukan pengecekan, lalu perencanaan, pemesanan atau pembelian dari produk langsung diwebsitenya. Beda halnya dengan toko offline dimana memiliki jadwal buka dan tutup, dengan bantuan dari website e-commerce toko kamu bisa tidak tutup atau selalu hadir 24 jam dalam 7 hari penuh.


2. Lebih menghemat waktu, karena konsumen tidak perlu datang langsung ke tokonya, konsumen tinggal membuka website e-commerce kamu memilih barang yang diinginkan, pemesanan, pembayaran, pengiriman, dan barang sampai.

3. Persaingan menjadi lebih sehat, karena konsumen bisa membandingkan beberapa produk yang sama sehingga mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing produk yang dijual, persaingan pasar menjadi sehat karena hanya produk-produk yang bagus dan sesuai dengan standart yang saling bersaing.


Dengan banyaknya keuntungan dari sebuah website untuk e-commerce, membuat banyak toko-toko di Indonesia yang mulai berahli dari sekedar toko offline menjadi toko Online/ E-Commerce. Hal ini didukung data 10 E-Commerce paling diminati Triwulan IV 2018, dimana setiapnya ada paling sedikit 3 juta pengunjung datang. Angka yang sangat fantastis dan besar untuk dijadikan target bisnis.


Namun, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum kamu terus membuat sebuah website e-commerce.


1. Tampilan dari Website


Hal utama yang tidak jauh adalah tampilan, karena kesan pertama sang penting peranannya dalam e-commerce, tampilan yang membuat nyaman dan tidak berat sehingga membuat konsumen betah diwebsite e-commerce kamu.


2. Harga dari produk


Faktor kedua adalah harga, persaingan harga didalam e-commerce sangat ketat, sehingga banyak yang melakukan promosi-promosi dengan mendapatkan potongan harga atau sebagainya. Namun, tetap meskipun persaingan harga yang ketat, kualitas juga menjadi utama dalam persaingan didalam e-commerce, jika dinilai sepadan maka produk kamu bisa terus bersaing dipasar.


3. Pelayanan


Pelayanan yang dimaksud adalah sistem-sistem yang terdapat dalam website e-commerce, baik itu perbandingan produk-produk, melayanin konsumen dengan livechat atau bisa dengan call center, sehingga konsumen bisa merasa lebih dekat dengan penjual dan menjadi yakin untuk membeli produk kamu.


4. Server Akses yang cepat


Faktor keempat merupakan yang terpenting tanpa adanya server yang cepat dalam diakses akan, meskipun ketiga faktor diatas sudah diterapkan tanpa adanya faktor ini maka semua akan buyar. Server yang dimaksud adalah hosting. Hosting sebagai pondasi dari toko. Semakin cepat akses dan bagus hosting website e-commerce kita maka akan berpotensi lebih baik, mengapa? Karena konsumen tidak akan terganggun ketika mengakses website kamu dan meskipun pengunjung sangat ramai yang datang maka website tidak akan error.

4 Poin diatas merupakan fitur-fitur penting dalam membangun website e-commerce. Berbicara faktor-faktornya, saya ingin membahas salah satu faktor pentingnya yaitu server atau hosting. Seperti yang sudah dijelaskan server sangat berperan penting dalam sebuah website e-commerce, tanpa adanya hosting website tidak akan bisa berjalan dengan baik.


Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana memilih server/hosting yang baik, mungkin kalau sekedar memilih hosting terbaik sangatlah mudah, tinggal memilih saja, tapi untuk memilih hosting terbaik tapi dengan minim cost bagaimana ya?

Karena untuk memiliki server/hosting baik minimal budget diatas Rp. 200.000 sebulan atau setahun Rp. 1.200.000 budget yang cukup besar dan hosting tersedia hanya hosting biasa tidak terkhusus untuk bisnis. Melihat hal tersebut sepertinya sangat susah untuk mencari, apalagi untuk yang diIndonesia dimana agar akses kita lebih mudah menjangkaunya.

Jika kita membeli hosting dengan harga demikian, maka budget kita banyak terkuras ke satu bagian saja, sedangkan dalam website e-commerce masih banyak bagian lain yang perlu diberikan sokongan dana, hal ini berdampak naiknya harga cost untuk membuat sebuah website e-commerce.

Tapi, tidak perlu khawatrir, mengapa demikian? karena Niagahoster salah satu hosting terbaik dan terpercaya Indonesia sudah menjawab keraguan kita dalam mencari hosting terutama untuk hosting bisnis (terutama e-commerce) dengan layanan hosting barunya Hosting Bisnis kita bisa mengakses hosting terbaik dengan pelayanan utama serta dibarengin harga yang tidak terlalu mahal.

Namun sebelum lebih jauh, saya coba perkenalkan terlebih dahulu apa itu Niagahoster.




Niagahoster atau PT. Web Media Technology Indonesia merupakan bagian dari Hostinger Group, sebuah group Hosting Internasional yang menangani lebih dari 500 server dari seluruh penjuru dunia. Niagahoster merupakan penyedia layanan web hosting yang mulai beroperasi sejak November 2013.


Alamat Kantor Niagahoster :
Jl. Selokan Mataram Monjali Karangjati MT I/304
Sinduadi, Mlati,
Slema, Yogyakarta 55284



Website :



Spesifikasi Server dan Data Center


Niagahoster sebagai penyedia hosting menyediakan dua lokasi pilihan dalam servernya yaitu server Indonesia dan Server Singapura, yang mana jika di Indonesia berada di Data Center Biznet. Mengapa dua server?
Hal ini untuk memungkinkan jika kamu target untuk pengunjung Indonesia ada baiknya di Server Indonesia, meskipun tetap diakses diluar Indonesia. Sedangkan jika targer atau fokus utamanya di luar negeri ada baiknya kamu menggunakan Server Singapura agar lebih baik kekita diakses.

Berikut spesifikasi dari server Niagahoster :

  • Profesor 2 x Quad-Core Interl(R) Xeon(R) E5-2609 @ 2,40 GHz
  • RAM 32 GB
  • Kecepatan Jaringan 1Gbps
  • Disk Dirve Setup RAID-10
  • Sistem Operasi CloudLinux Terbaru


Satu lagi yang kita bahas adalah Kelebihan dan Kekurangan dari Niagahoster


Keunggulan Niagahoster


Keamananan Server terjamin
Jaminan Server selalu uptime
Customer Service tertop terbaik, respon yang sangat cepat, bisa diakses 24jam.
Banyaknya FAQ untuk memudahkan pengguna baru
Harga Hosting murah dan berkualitas
30 Hari Garansi uang kembali
Dan yang paling wow, BANYAK PROMONYA!!!


Kekurangan Niagahoster


Dari yang saya baca berdasarkan beberapa sumber, hanya terletak ketika kita mengorde Cloud VPS Hosting. Dimana tidak terdapat opsi pemilihan server antara Indonesia atau singapura. Sisanya tidak ada masalah.

Saya rasa cukup untuk pembahasan Niagahoster agar kamu sedikit tahu tentang mereka. Sekarang kita lanjut topiknya untuk membahas mengenai Hosting Bisnis layanan dari Niagahoster.

Melihat animo masyarakat Indonesia dalam berusaha terutama dalam dunia E-Commerce membuat Niagahoster sebagai penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia mengeluarkan layanan barunya yaitu Hosting Bisnis, dimana hosting yang cocok digunakan website perusahaan, toko online ataupun pusat informasi/berita.
Untuk lebih lengkapnya, masih kita bahas Paket Hosting Bisnis dari Niagahoster.


Paket Hosting Bisnis Niagahoster



Paket Hosting Bisnis merupakan paket hosting paling ujung atau paling top selain fitur dan kualitas, paket hosting bisnis niagahoster jika dibandingkan paket bisnis lainnya, maka paket hosting bisnis paling lengkap fitur dan special. Dengan harga sekitar  Rp.84.564/bulan atau Rp, 1.014.768/tahun kamu bisa mendapatkan paket bisnis hosting niagahoster.


Bagi kamu yang penasaran apa saja fitur-fiturnya kamu bisa cek di niagahoster, atau persiapkan diri kamu, saya akan menyebutkan semua fitur-fitur dari paket hosting bisnis niagahoster.


Bismillah, persiapkan diri kamu :D



PAKET HOSTING BISNIS NIAGAHOSTER



Fitur-FItur Utama.


No
Nama Fitur
Tersedia
1
Kontrak Minimum
6 Bulan
2
Domain Gratis
Yes
3
Server IIX Indonesia
Yes
4
Bandwidth
Unlimited
5
Disk Space
Unlimited
6
Aktivasi Instan
Yes
7
Gratis Let's Encrypt SSL
Yes
8
Garansi 30 Hari
Yes
9
Uptime 99,9%
Yes
10
LiveChat Support
Yes
11
BitNinja Smart Security
Yes
12
Website Builder
Yes
13
Private Name Server
Yes


Fitur – Fitur Teknis :


No
Nama Fitur
Tersedia
1
Database MySQL
Yes
2
phpMyAdmin
Yes
3
Remote MySQL
Yes
4
PHP (5.2 s/d 5.7)
Yes
5
CGI Support
Yes
6
Image Magic
Yes
7
Curl
Yes
8
Perl
Yes
9
Uptime 99,9%
Yes
10
GD 2
Yes

Fitur – Fitur Email :


No
Nama Fitur
Tersedia
1
Jumlah Akun E-Mail
Unlimited
2
Limit Kirim Email/Hari
2400
3
Maks Menerima Sekali Email
15
4
POP3/IMAP
Yes
5
SMTP
Yes
6
Auto Responder
Yes
7
Email Responder
Yes
8
SpamAssasin Protection
Yes
9
SpamExperts Protection
Yes

Fitur – Fitur cPanel :


No
Nama Fitur
Tersedia
1
cPanel Terbaru
2
Softaculous
3
Seo Tools by Attracta
Yes
4
CloudFlare
Yes
5
Akses SSH
Yes
6
Addon Domain
Unlimited
7
Park Domain
Unlimited
8
SubDomain
Unlimited
9
Akun FTP
Unlimited
10
Advanced DNS Zone Editor
Yes
11
Protected Directories
Yes
12
Web File Manager
Yes
13
URL Redirect
Yes
14
Custom Halaman Error
Yes
15
AWStats
Yes
16
Cron Jobs
Yes
17
Backup Instan
Yes
18
Manage MIME Types
Yes
19
IP Deny Manager
Yes
20
SSL/TLS Manager
Yes
21
Hotlink Protection
Yes
22
Leech Protection
Yes
23
Pear Module Installer
Yes
24
Perl Module Installer
Yes

Waaah… Banyak sekali ya fiturnya sampai kerepotan nyebutinnya satu-satu. Ya, seperti yang saya bilang sebelumnya paket hosting bisnis merupakan paling lengkap daripada paket yang lainnya, sehingga semua fitur dari niagahoster bisa kita gunakan.

Lalu apakah semua orang bisa mendapatkan paket hosting bisnis gak sih?


Tentu saja dong bisa, tapi..

Kalau bisa kamu cepat, mengapa? Karena sedang ada promony, jadi harga yang kamu dapatkan lebih murah ketimbang nanti-nanti kamu beli. 

Gimana sih beli paket niagahoster?

Ribet gak ya? Harus cek ini cek itu apakah harus seperti itu?

Tentu saja tidak, kalau saya bilang hanya 2 step yang dilakukan.



PESAN DAN PAKAI


2 Step sederhana yang sangat mudah kamu terapkan.


Sebagai contoh agar kamu tidak salah, saya akan contohkan bagaimana cara membeli paket hosting di Niagahoster.


Pertama yang kamu lakukan adalah memilih hostingnya, seperti contoh kita akan membeli paket hosting bisnis, maka kamu tinggal klik "Pilih Sekarang".





Setelah mengklik pilih sekarang kamu akan memasuki kolom seperti dibawah.



Nah, kamu memilih berapa durasi yang kamu inginkan dari hosting kamu beli, paling rendah untuk paket hosting bisnis adalah 6 bulan dan maksimal 3 tahun, sebagai contoh kamu saya membeli 1 tahun saja. Dan pada kolom dibawah selanjutnya, jika kamu memiliki website/blog berbasis wordpress kamu tinggal klik tulisan "Gratis Auto Install Website Wordpress" sehingga lebih memudahkan kamu untuk migrasinya. Lalu klik, selanjutnya.



Pada penjelasan diatas diberitahukan jika kamu membeli paket hosting bisnis maka kamu akan mendapatkan 1 buah domain secara gratis untuk 1 tahun kedepan, nah kolom dibawah bisa kamu isi dan kamu isi untuk mendapatkan domain gratisnya.




Jika kamu ingin domainnya maka kamu tinggal mengklik domain baru, lalu ketik nama domainnya dan pilih domain apa yang ingin kamu gunakan. Jika tidak ingin domainnya maka kamu klik "Saya Tidak Ingin Domain Gratis Karena Sudah Memilikinya." 

Seandainya pilihan kamu tidak ingin domain, skip ke langkah selanjutnya. Jika kamu memilih domain makan tekan tombol "Cari Domain" setelah mengisi nama domain pilihan kamu,

Nama domain kamu tersedia, kamu klik tambah ke cart dan klik langkah selanjutnya.

Setelah semua langakah dilanjutkan maka akan muncul kolom " Rincian Order Hosting Anda" (gambar terlampir).
Langkah terakhir kamu tinggal klik "Lanjut ke Checkout" untuk langkah selanjutnya.



Muncul kembali semua kolom untuk memastikan kamu pengguna baru atau tidak, jika kamu pengguna lama maka tinggal login saja dengan email dan password, namun sebaliknya jika pengguna baru silahkan klik "Daftar Akun" untuk melanjutkannya.

Bagi pengguna baru silahkan isi form seperti dibawah.




Langkah terakhir untuk mendapatkan paket hosting niagahoster adalah penentukan metode pembayarannya.

Ada 9 Metode Pembayaran yang tersedia di niagahoster, dan menurut saya niagahoster merupakan satu-satu Hosting dimana bisa mendukung semua metode pembayaran yang lazim masyarakat Indonesia gunakan sehingga kita banyak pilihan dalam membayar.



9 Metodenya meliputi :

1. Transfer Via Bank BCA, Mandiri, BRI atau BNI
2. Transfer Via ATM Bersama, ALTO, PRIMA
3. Pembayaran dengan Kartu Debit atau Kredit
4. Paypal
5. Alfamart Group (Alfamidi, Alfamart, Lawson, dll)
6. Indomaret
7. Gopay
8. Ovo
9. Pengadaian, Pos Indonesia

Jika sudah memilih maka kamu tinggal klik "Chekcout Sekarang" untuk menyelesaikan pembayarannya.

Dengan menyelesaikan pembayarannya kamu sudah berhak mendapatkan salah satu pelayanan hosting bisnis paling lengkap yang ada di Indonesia.

Setelah semua informasi diatas, apakah teman-teman mulai tertarik dengan Paket Hosting Bisnis Niagahoster?
Dengan bantuan dari Niagahoster bisa membantu kamu mengatur website e-commerce kamu agar lebih optimal.lagi dan lebih maksimal.

Saya sangat merekomendasi sekali untuk kamu para e-commerce pemula atau yang lainnya, karena dengan budget yang tidak begitu mahal kamu bisa mendapatkan semua layanan yang sangat komplit. 

Jika kamu melihat harga-harga ditempat lain dengan fitur sekomplit Niagahoster maka kamu bisa mengeluarkan budget 2-3x lipat dibandingkan dengan Niagahoster.

Tunggu apalagi, dimana dan kapan lagi bisa mendapatkan sebegitu banyak fitur dengan harga yang murah. Hitung-hitung hemat budget untuk dipakai buat hal yang lain, promosi contohnya.

Berakhirnya cara mendapatkan paket hosting bisnis dari niagahoster, berakhir juga artikel ini. 

Ayo manfaatkan paket hosting bisnis untuk lebih mengoptimalkan e-commerce kamu, sehingga hasil yang didapat juga memuaskan.


*JANGAN SAMPAI KETINGGALAN DAN KEHABISAN PAKETNYA YA.CEK LANGSUNG KE NIAGAHOSTER.*


Akhir kata, terima kasih kepada Niagahoster Indonesia yangg sudah menghadirkan Paket Hosting Bisnis untuk menunjang e-commerce kami semua.
Semoga yang jasamu selalu dikenang oleh para penggunamu dan semakin jaya.


Jaaaa..........

Komentar